PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR

Authors

  • Supiyati supiyati
  • Musa Musa
  • Utin Desy Susiaty

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Materi Operasi Bentuk Aljabar melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Kelas VII SMP Negeri 16 Satap Sungai Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (action research). Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah kelas VII SMP Negeri 16 Satap Sungai Raya tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi operasi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 16 Satap Sungai Raya mengalami peningkatan secara klasikal. Aktivitas siswa sebagian besar mengalami peningkatan, terutama pada kegiatan mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dipelajari, memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya dan partisipasi dalam menanggapi jawaban siswa lain; (2) Kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi operasi bentuk aljabar tuntas secara klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-19

How to Cite

supiyati, S., Musa, M., & Susiaty, U. D. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 1(1), 45–53. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/33

Issue

Section

Articles