ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SELUAS

Authors

  • Lia Siska IKIP PGRI PONTIANAK
  • Iwit Prihatin IKIP PGRI PONTIANAK
  • Hartono Hartono IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, Pembelajaran Luring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari gaya belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus ( case study ) . Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Seluas yang membuka 18 orang . Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay, lembar observasi, angket gaya belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Seluas berdasarkan gaya belajar siswa, persentase kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 75,92%, dapat dikatakan bahwa kemampuan komunikasi siswa secara relatif sedang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2006). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Deporter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Effendi, K. N. S., & Aini, I. N. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, volume 3 nomor 1, 45-52

Hendriana, H., dkk. (2018). Hard Skills and Soft Skills. Bandung: PT. Revika Aditama.

Ika, P. S. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo pada Materi Statistika. Jurnal: Universitas Negeri Makassar, volume 5 nomor 2, 91.

Jenri, A., dkk. (2020). Pembelajaran Luring. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Muhammad, R & Heni, P. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3 nomor 1 halaman 71-80.

Sugianto, Agus. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Tulis Bangun Ruang Berdasarkan Gaya Belajar Dan Gender. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.

Sulha. (2020). Penerapan Mentossori Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Luring Sebagai Alternatif Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika. Volume 3 nomor 1 halaman 101-112

Downloads

Published

2022-04-05

How to Cite

Siska, L., Prihatin, I., & Hartono, H. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SELUAS. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(2), 290–302. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/329

Issue

Section

Articles