PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Emi Liana IKIP PGRI PONTIANAK
  • Iwit Prihatin
  • Utin Desy Susiaty

Keywords:

Quantum Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai penerapan model pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP 8 Putussibau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis sebelum diterapkannya model pembelajaran Quantum Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masing-masing adalah 42,85 dengan kriteria gagal dan 50,89 dengan kriteria kurang; (2) Rata-rata kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masing-masing adalah 67,55 dengan kriteria cukup dan 63,39 dengan kriteria cukup; (3) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikannya model pembelajaran Quantum Learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, B. I (2009). Komunikasi Matematik (Konsep Fan Aplikasi). Banda Aceh : Yayasan Pena

Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdaarya.

Arikunto, R. T. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Deporter, B., Reardon, M., & Singer-Nouri, S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning diruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Hamzah, A (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Husna, dkk, 2013.Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2, April 2013, ISSN: 2302-5158

Jihad, A dan Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Polya dan Sumartini, S.T (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut Volume 5, Nomor 2, ISSN 2086 4280

Rachamayani, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, Volume 2,Nomor 1,November 2014, ISSN 2338-2996

Riduwan. 2003. Dasar- dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Subana, M. dan Sudrajat. 2011. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Pelajar

Sugiyanto. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. 2012. Pendidikan Karakter Serta Pengembangan Berpikir dan Disposisi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Makalahdisajikan pada seminar pendidikan Matematika di NTT.

Downloads

Published

2020-01-20

How to Cite

Liana, E., Prihatin, I., & Susiaty, U. D. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 1(1), 35–44. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/32

Issue

Section

Articles