PENGEMBANGAN VIDEO KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP

Authors

  • Yasinta Aftarina IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak
  • Syarifah Fadillah IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran video kreatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Instrumen yang digunakan adalah validasi, angket ,soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validasi video kreatif dengan kriteria sangat valid sebesar 85,7%, level kepraktisan video creative memiliki kriteria sangat praktis sebesar 92,5% dan tingkat keefektifan dilihat dari hasil uji statistik menggunakan nilai pretest dan posttest siswa dari hasil uji t yaitu dengan t_hitung > t_tabel signifikan = 5% (? = 0,05).

 

Kata Kunci: video kreatif, kemampuan pemahaman matematis, aritmatika sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, Jenri, Hendra Helwaun, and Lauraincia Van Houten. 2021. “Workshop Pembuatan E-Book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online Di Tengah Covid 19 Di Kota Wuhan Ini Tidak Terkecuali Dengan Negara Indonesia . Banyaknya Korban Yang Mengambil Kebijakan Untuk Menyikapi Penyebaran Viru.” Community Engagement & Emergence Journal 2(1): 44–57.

Anjarsari, Elly, Donny Dwi Farisdianto, and Abdul Wahid Asadullah. 2020. “Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5(2): 40–50. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/2084/1146.

BSNP. (2007). Deskripsi Butir Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Sd-Smp.

Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.11, Hal 2384.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama

Hodiyanto, Yudi Darma, and Syarif R S Putra. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Jurnal Pendidikan Matematika 9: 323–34.

KKBI. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia: https:// kbbi.web.id. [17 Februari 2019]

Kusnadi, Fida Nisaa, Tika Karlina Rachmawati, and Hamdan Sugilar. 2021. “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 5(2): 170–78.

Nurhayati., Astuti, T.O., Utami, E. S., & Budiyanto, M. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media

Sarwoedi, Desi Okta Marinka, Peni Febriani, and I Nyoman Wirne. 2018. “Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 03(02): 171–76. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Aftarina, Y., Susiaty, U. D., & Fadillah, S. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(2), 276–289. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/311

Issue

Section

Articles