DESAIN BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF (BAEI) MATEMATIKA BERBANTUAN GOOGLE SLIDE DAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMPNEGERI 10 SUNGAI KAKAP

Authors

  • Ersa Yuni Arty IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty
  • Yudi Darma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran desain Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) matematika berbantuan Google Slide dan Quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Sungai Kakap. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and developmnt) dengan rancangan penelitian 4D yang dibatasi hingga Define, Design, dan Develop.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP sebanyak 14 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media, angket respon guru, respon siswa, soal pre-test dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil validasi desain Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) matematika berbantuan Google Slide dan Quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah  memiliki tingkat kevalidan sebesar 88,46% dengan kriteria sangat valid, sedangkan tingkat kepraktisan media pembelajaran sebesar 88,59% dengan kriteria sangat praktis, dan tingkat keefektifan media pembelajaran dilihat dari uji statistik menggunakan nilai pre-test dan posttest siswa dengan hasil uji t yaitu –thitung< - ttabel signifikan ? = 5% (? = 0,05). Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) matematika berbantuan Google Slide dan Quizizz dikategorikan efektif. Dengan demikian dapat disismpulkan  bahwa desain Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) matematika berbantuan Google Slide dan Quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Sungai Kakap tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

 

Kata Kunci: (BAEI) matematika, Google Slide, Quizizz, Kemampuan Pemecahan  Masalah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Utin Desy Susiaty

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Adjizah, N., Rozak, A., & Pramuditya, S. A. (2018). Desain Bahan Ajar Digital Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. 327–339.

Anori, S., & Putra, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1(April), 104–111.

Anshori, F. Al, & Syam, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Slide Terhadap Minat Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2).

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, H. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edukasi, 14, 169.

Eskawati, S. Y., & Sanjaya, I. G. M. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Sifat Koligatif sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA. UNESA Journal of Chemical Education, 1(2), 46–53.

Fitrianna, A. Y., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan Model E-Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 1562–1577. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/653

Indrayanti, R.D, & Masriyah. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks Di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(6).

Kemendikbud, R I. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan N

omor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidian dan Kebudayaan.

Lisnani, L., & Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.134

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9–22. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/83

Oktaliana, A., Cahaya, G., & Anggraini, D. (2019). Google Slide Dan Quizizz Dalam Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif ( Baei ) Matematika. AdMathEdu, 9(2), 98–106.

Sugiyono (2015).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2017).MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (Baei) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–74. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.51

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Arty, E. Y., Susiaty, U. D., & Darma, Y. (2021). DESAIN BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF (BAEI) MATEMATIKA BERBANTUAN GOOGLE SLIDE DAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMPNEGERI 10 SUNGAI KAKAP. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(2), 267–275. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/303

Issue

Section

Articles