ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS

Authors

  • Ardian Arifin IKIP- PGRI PONTIANAK
  • Marhadi Saputro
  • Roni Waluyo

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis Matematik, Kemampuan Spasial, Graded Response Models

Abstract

Kemampuan berpikir matematis, khususnya berpikir matematis tingkat tinggi (high-order mathematical thinking) sangat diperlukan oleh siswa agar siswa sanggup menghadapi perubahan keadaan atau tantangan-tantangan yang ada dalam kehidupan yang selalu berkembang. Kemampuan spasial adalah kemampuan seseorang untuk menvisualisasikan gambar atau menciptakannya dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Untuk itu kemampuan spasial sangat diperlukan siswa untuk memancing daya berpikir kritis matematik siswa. Graded Response Models (GRM) digunakan dengan tujuan untuk menampilkan estimasi parameter butir dan kemampuan siswa. (GRM) adalah sistem penskoran dimana tingkat kesukaran tiap kategori pada item tes disusun secara berurutan sehingga jawaban peserta tes haruslah terurut dari kategori yang rendah hingga kategori yang tinggi, sehingga penilaian dimana semua respon siswa dilihat dari urutan pengerjaannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsika analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang ditinjau dari kemampuan spasial dengan menggunakan Graded Response Models (GRM).

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas X SMA Wisuda Pontianak yang ditinjau dari kemampuan spasial yang berjumlah 6 orang. Subjek yang diambil menggunakan tes kemampuan spasial, kemudian subjek diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematik dan diwawancarai. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematik dan wawancara setiap subjek penelitian dideskripsikan, yang selanjutnya diperoleh masing-masing skor, kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel diperolehlah tabel Graded Response Models (GRM).

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa, analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa ditinjau dari kemampuan spasial dengan menggunakan Graded Response Models (GRM) diketahui bahwa kemampuan spasial tinggi, sedang dan rendah menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematiknya sesuai dengan kemampuan spasialnya. Hal tersebut dapat dilihat dari tabel hasil estimasi parameter menggunakan Graded Response Models (GRM) tersebut menaik dari kemampuan peserta yang paling rendah yaitu ?(-4) sampai dengan kemampuan peserta yang paling tinggi yaitu ?(4) untuk masing-masing katagori P.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alexandra, Gita dan Novisita Ratu. “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Graded Response Models”, Jurnal Mosharafa, Vol 7 No 1, Januari 2018.

Ana Mar’atu Argiyanti dan Susanah dengan judul “Profil Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Masalah Dimensi Tiga Ditinjau Dari Kecerdasan Spasial” dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 6Tahun 2017.

Anasha,Zara Zahra. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM), Jurnal Formatif.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara

Desmita. 2017.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Indonesian Nation Assesmen Program (INAP), Kemampuan Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, (Yogyakarta:INAP, 2012).

Marissa Harle dan Marcy Towns. “A Review of Spatial Ability Literature, Its Connection to Chemistry, and Implications for Instruction” (Journal of Chemical Education, 2011)

Prihartini, Eka dan dkk. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis MatematisMenggunakan Pendekatan Open Ended.Program Studi Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya Jalan Scientia Boulevard Blok No. 7 Gading Serpong, Tangerang. 2015

Sari, Nur Indah. 2017. Skripsi: “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa ditinjau dari Kemampuan Spasial Menggunakan Graded Response Models

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung:Alfabeta.2017).

- Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. (Bandung; Alfabeta.2017).

- Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2011).

Downloads

Published

2020-01-20

How to Cite

Arifin, A., Saputro, M., & Waluyo, R. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 1(1), 23–34. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/29

Issue

Section

Articles