BERPIKIR ANALITIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 2 TERIAK

Authors

  • Alkia Asis IKIP PGRI PONTIANAK
  • Agustami Agustami IKIP PGRI Pontianak
  • Yulianti Ria IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Aritmatika Sosial, Berpikir Analitik, HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analitik dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian 2 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Teriak yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir analitik dan tes kemampuan menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS). Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa sudah mampu berpikir secara analitik dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.1-14

Marini, M. R. (2014). Analisis kemampuan berpikir analitis siswa dengan gaya belajar tipe investigatif dalam pemecahan masalah matematika. 1–10.

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147

Purnamasari, L. D. (2019). Analisis Proses Berpikir Dalam Pemecahan Masalah Matematika Polya Berdasarkan Tipe Kepribadian Pada Sub Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Berbah. In Universitas Sanata Dharma.

Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 177–186.

Sumaryanta. (2018). Penilaian HOTS dalam Pembelajaran Matematika. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 8(8), 500–509.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Ordher Thinking Skill (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Asis, A., Agustami, A., & Ria, Y. (2021). BERPIKIR ANALITIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 2 TERIAK. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(1), 232–239. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/280

Issue

Section

Articles