ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN

Authors

  • Agustami Agustami IKIP PGRI PONTIANAK
  • Veti Aprida IKIP PGRI Pontianak
  • Anggi Pramita IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Lingkaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi lingkaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Sungai Kakap. Subjek penelitian adalah 4 orang siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil analisi data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMP di Sungai Kakap tergolong rendah karena pada 3 indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu merencanakan penyelesaian, melakukan perhitungan, dan memeriksa kembali diperoleh rata-rata persentase kurang dari 50%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, and Sri Lastuti. 2018. “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGSD Ditinjau Dari Aspek Gender.” Jurnal Pendidikan Mipa 8(1): 99–103.

Hendriana, H, and U Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Polya, G. 1973. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method (2nd Ed). Princeton University Press.

Septiani, Elinda Sri, and Elis Nurhayati. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL).” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers: 168–75.

Sugiyono. 2017. Bandung:Alfabeta Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Agustami, A., Aprida, V., & Pramita, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(1), 224–231. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/279

Issue

Section

Articles