EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM JARINGAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE FORMULIR SELAMA PANDEMI DI KELAS VIII MTs MUJAHIDIN PONTIANAK

Authors

  • Ela Kurniawati IKIP PGRI PONTIANAK
  • Dewi Risalah
  • Nurmaningsih Nurmaningsih

Keywords:

Efektivitas, Google Formulir, Proses pembelajaran, Kendala/Hambatan, Respon siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Matematika Dalam Jaringan Menggunakan Media Google Formulir Selama Pandemi Di MTs Mujahidin Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode deskriptif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus.  Penelitian ini dilaksanakan di MTs Mujahidin  Pontianak dan subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII dan siswa kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung.  Alat pengumpulan data menggunakan nilai hasil belajar siswa matematika sebelum dan selama pandemi Covid-19, pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa matematika sebelum pandemi Covid -19 adalah kelas VII A 74,83, VII B 79,51, sedangkan selama pandemi Covid-19 adalah kelas VIII A 78,43, VIII B 81,00. Proses pembelajaran menggunakan Google Formulir dapat dikatakan efektif bagi siswa MTs Mujahidin Pontianak. Kendala/hambatan teknis menggunakan Google Formulir yang dihadapi siswa diantaranya tidak memiliki handphone, buruknya signal internet, serta melonjaknya kebutuhan kuota internet.  Dalam penelitian ini hambatan/kendala tergolong rendah sehingga dapat dikatakan efektif penggunaan media Google Formulir dalam pembelajaran matematika. Respon siswa terhadap penggunaan Google Formulir dapat dikatakan sangat baik. Sehingga secara keseluruhan penggunaan media Google Formulir dalam pembelajaran matematika di MTs Mujahidin Pontianak dapat dikatakan efektif.

 

kata kunci: Efektivitas, Google Formulir, Nilai hasil belajar siswa, Proses pembelajaran, Kendala/Hambatan, Respon siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah. M. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Form Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Multimedia Di SMK Islam Perti Jakarta. Jurnal Pendidikan MIPA Vol 10 No 2.http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/339 diakses 10 April 2021

Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika di MAN 1 Lampung Selatan. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG, 8(4), 250-260.

Harnani, Sri (2020). Sebagai upaya untuk mencegah pandemi Covid-19 di MTs Negeri 1 Kota Cilegon. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19.

Herliandry, L. D., Nurhasanah., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Kurniawati, E., Risalah, D., & Nurmaningsih, N. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM JARINGAN MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE FORMULIR SELAMA PANDEMI DI KELAS VIII MTs MUJAHIDIN PONTIANAK. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 4(1), 325–335. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/263

Issue

Section

Articles