ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN SISWA SMA NEGERI 1 MARAU

Authors

  • Maria Octafianey Meo Program Studi Pendidikan Matematika
  • Iwit Prihatin
  • Yadi Ardiawan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah tujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menjawab soalsoal yang berkaitan dengan materi program linear SMA Negeri 1 Marau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IIS 2 SMA Negeri 1 Marau yang terdiri dari 22 siswa yang mengikuti tes tertulis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan komunikasi langung. Instrument dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan wawancara, instrument tersebut divalidasi dan diuji cobakan terlebih dahulu di SMA Negeri 1 Singkup. Dari hasil penelitian didapatkan kesalahan berdasarkan prosedur Newman adalah kesalahan membaca soal 20,93%, kesalahan memahami soal 12,73%, kesalahan transformasi soal 27,27%, kesalahan keterampilan Proses berurutan adalah 20,91%, 0,91%, 10% dan penulisan jawaban akhir 7,27%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haji, S. (1994). Penyelesaian Soal Cerita pada Penjumlahan dan Pengurangan. Semarang: KKG Semarang. Jurnal Aksioma, 1(8),17-30.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matemati. Jurnal Aksioma, 8 (1), 17-30.

Downloads

Published

2022-04-18

How to Cite

Meo, M. O., Prihatin, I., & Ardiawan, Y. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGRAM LINEAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN SISWA SMA NEGERI 1 MARAU. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(2), 314–324. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/262

Issue

Section

Articles