ANALISIS MISKONSEPSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DENGAN CERTAINTY OF RESPONS INDEX (CRI)

Authors

  • Kristiana Altin IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Kata Kunci, Analisis Miskonseps, operasi hitung bentuk aljabar, Certainty Of Response Index (CRI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi hitung bentuk aljabar dengan menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 30 orang siswa. Metode yang digunaakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah studi kasus. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda disertai dengan metode Certainty of Response Index (CRI) serta lembar wawancara untuk mengetahui apa saja kah faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi terhadap siswa.. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa: (1) persentase siswa yang paham konsep sebesar 42,664%, persentase siswa yang miskonsepsi sebesar 43,996%, dan persentase siswa yang tidak tahu konsep sebesar 13,328%, (2) jenis-jenis miskonsepsi yang terjadi pada  siswa dalam menyelesaikan soal  pada materi operasi hitung bentuk aljabar sebagai berikut: Miskonsepsi konsep, Miskonsepsi strategi, Miskonsepsi sistematik, dan Miskonsepsi hitung.

Kata Kunci: Analisis Miskonseps,operasi hitung bentuk aljabar, Certainty Of Response Index (CRI)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kristiana Altin, IKIP PGRI PONTIANAK

Kristiana Altin mahasiswa IKIP PGRI PONTIANAK Prodi Pendidikan Matematika kelahiran Kedamin Darat 31 mei 1997.

References

Asbar. (2017). Analisis miskonsepsi siswa pada persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan menggunakan three tier test. Skripsi pada Universitas Negeri Makassar: diterbitkan

Dewi, M. (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar Jurnal Pendidikan Matematika. . jurnal edukasi 13 (1) 5- 11

Emilia,T, D. (2017). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (Cri) Termodifikasi Pada Konsep Stoikiometri Di Sma Negeri 5 Semarang. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: diterbitkan

Fitria, A. (2014). Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Menentukan Grup Pada Struktur Aljabar Menggunakan ACertainty Of Response Index (Cri) Di Jurusan Pendidikan Matematika Iain Antasari. Jurnal edukasi, 1(2)

Nurulwati. (2014). Suatu Tinjauan Tentang Jenis-Jenis Dan Penyebab Miskonsepsi Fisika Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Jurnal Education Di Universiti Utara Malaysia 2(1), 87

Nurul, H. (2019) Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Persamaan Linear Satu Variabel Pada Siswa Smp Negeri 2 Sebawi. jurnal edukasi 14 ( 2) 9

Rofi, J, S.(2016) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Smp Negeri 19 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Pecahan Bentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 4(2) 253

Siti, N,A. (2020) Analisis miskonsepsi matematika siswa pada materi operasi hitung pecahan desimal Kelas V di Sekolah dasar. jurnal edukasi 8 (2) 344

Indana, Z. (2013). Analisis Miskonsepsi Siswa Certainty Of Response Index (CRI) dalam menyelesaikan soal ceita materi system persamaan linear dua variable kelas VIII mts hasyim asy’ari. Skripsi pada institut agama islam negeri sunan ampel; diterbitkan

Zubainur dkk, (2018) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Education Di Universiti Jurnal Education Di Universiti 13(1) 4

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Altin, K. (2021). ANALISIS MISKONSEPSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DENGAN CERTAINTY OF RESPONS INDEX (CRI). Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(1), 252–66. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/197

Issue

Section

Articles