PENANAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA 1 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Wandra Irvandi

Abstract


Penanaman konsep matematika merupakan perkara yang penting dalam pembelajaran. Untuk mendapatkan penanaman konsep yang baik perlu didukung oleh beberapa faktor-faktor yang menunjang dalam pembelajaran. Dengan mengetahui faktor-faktor penghambat dan penunjang dalam penanaman konsep diharapkan dapat memperbaiki pembelajaran matematika selanjutnya. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif naturalistik, agar dapat mengungkapkan secara mendalam fenomena fenomena yang terjadi untuk menggambarkan faktor-faktor penghambat dan penunjang dalam penanaman konsep matematika pada mata kuliah statistika matematika di IKIP-PGRI Pontianak. Dari hasil penelitian yang paling utama berpengaruh dalam pembelajaran adalah cara dosen mengajar dan didukung dengan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Sedangkan sarana prasarana ruang kelas dan tidak adanya buku penunjang pembelajaran merupakan faktor penghambat paling utama dalam proses penanaman konsep matematika pada mata kuliah statistika matematika.


Full Text:

PDF

References


Asmara, U.(2011). Penulisan Karya Ilmiah. Fahruna Bahagia.

Darma, Y., Susiaty, U. D., & Fitriawan, D. (2018). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 110–115. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3029

Maryani. (2018). PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX-A SMP NEGERI 3 SUBANG. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(1), 1689–1699.

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Nasir, A. M., & Sari, I. E. (2019). Model Effectiveness Realistic Mathematic Education ( Rme ) Using a Devotion Tool for Learning Realistic Mathematic Education ( Rme ) Dengan. 06(01), 145–171.

Nasution, A. F. (2017). IMPLEMENTASI KONSEP MATEMATIKA DALAM AL-QURAN KURIKULUM MADRASAH. Jurnal EduTech, 3(1), 1–11.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Purwanda, E., T, A. Y., & Susiaty, U. D. (2020). KOMPARASI PROBLEM POSING DAN SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. 5(1), 43–50.

Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

Susiaty, U. D., & Haryadi, R. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(2), 239–248. https://doi.org/10.31571/saintek.v8.i2.1574


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.