PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERMUATAN IDEAL PROBLEM SOLVING DALAM MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEGEDONG

Ayu Suwardani Puma, Syarifah Fadillah, Rahman Haryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Saku bermuatan IDEAL Problem Solving dalam materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 2 Segedong yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal test. Angket digunakan untuk validasi ahli materi dan media, serta respon guru dan siswa. Soal test digunakan untuk uji coba penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. penelitian dari pengembangan buku saku menghasilkan tingkat kevalidan 63,3 dengan kriteria valid. Setelah itu diperoleh hasil bahwa buku saku bermuatan IDEAL Problem Solving memenuhi tingkat kepraktisan dari respon guru sebesar 82 dengan kriteria sangat praktis dan respon siswa sebesar 72 dengan kriteria sangat praktis. Kemudian hasil uji coba diperoleh data bahwa buku saku bermuatan IDEAL Problem Solving memenuhi tingkat keefektifan sebesar 72,7% dengan kriteria efektif.


Keywords


buku saku, IDEAL Problem Solving

Full Text:

PDF

References


Ami, M.S., Raharjo, dan Susantini, E. (2012). Pengembangan Buku Suku Materi Sistem Eksresi Manusia Di SMA/MA Kelas XI. Jurnal UNESA, 1(2), 10-13.

BSNP. 2006. Standar Isi: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Daling, S., & Haryadi, R. (2017). Pengembangan Media Booklet bermuatan IDEAL Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP-PGRI Pontianak..14 Oktober 2017. 128-141.

Fadillah, Syarifah. (2009). Kemampuan pemecahan Masalah Matematis Dalam pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Universitas Negeri Surabaya. 16 Mei 2009. 553-558.

Indriyani, R. W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegipanjang dan Persegi bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 2(5).

Murtiyono, A.T. (2016). “Pengembangan Buku Saku Permainan Sepak Bola Pada Siswa Di SD Negeri II Temanggung I Kabupaten Temanggung Jawa Tengah”. Jurnal Pengembangan Buku Saku Tahun 2016, 1(3), 1-5.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics Inc.

Setyono, Y. A., Karmin, S., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisikakelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa (Doctoral dissertation, Sebelas Maret University).

Shadiq, F. (2016). Strategi Pemodelan Pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantiitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian : Kuantiitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumartini, Tina Sri. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa. 5(2). 148-158

Susiana, Eny. (2010). IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 1(2). 73-82.

Vik, V., Syamsswisma, dan Titin. (2016). Kelayakan Media Buku Saku Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Dikelas X SMA Mandor. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 5(5). 1-10

Winarti, P. (2017). Pengembangan Buku Saku Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Materi Kubus Pada Siswa Kelas VIII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Skripsi IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.