ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUBAH KABUPATEN SAMBAS

Novianti Rike, Ahmad Yani, Yadi Ardiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi trigonometri yang dilihat dari kategori tingkat kemampuan siswa, yaitu siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian adalah metode deskriptif, dengan menggunakan bentuk penelitian adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Sambas yang terdiri dari 18 siswa yang mengikuti tes tertulis. Teknik pengumpula data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi yaitu dokumentasi berupa hasil jawaban tes yang terdiri 5 soal dan setiap soal mewakili satu indikator berpikir kritis, observasi terhadap lembar jawaban siswa dan wawancara. instrumen tersebut dilakukan validasi dan uji coba terlebih dahulu yang dilakukan di SMA Negeri 2 Subah  Kabupaten Sambas. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah SMA Negeri 1 Subah kelas XI tergolong rendah.


Keywords


kemampuan berpikir kritis; siswa SMA Negeri 1 Subah kelas XI

Full Text:

PDF

References


Dafrita, I. E. dan Oktaviana, D. (2018). Analisis Pelaksanaan Praktikum Mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 37-48.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. Last Revised. Emeritus Proffessor: University of Illinois.

Khairunnisa, Firdaus, M., dan Oktaviana, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII SMPIT Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 2(1), 71-80.

Lambertus. (2009) “Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD”, Forum Kependidikan.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., dan Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155-158.

Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22-32.

Oktaviana, D. dan Hodiyanto. (2018). Proses Berpikir Probabilistik Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau dari Gender di IKIP PGRI Pontianak. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 109-118.

Patonah, S. (2014). Elemen Bernalar Tujuan pada Pembelajaran IPA MElalui Pendekatan Metakognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 128-133.

Rifqiyana, L. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pembelajaran Model 4K Materi Geometri kelas VIII Ditinjau Dari Gaya Belajar Kognitif Siswa. Skripsi Sarjana padaUniversitas Negeri Semarang: Tidak Diterbitkan.

Rinda, B. L. (2019). Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Matematis Materi Hipunan Di Kelas VII SMP Monika Pontiana. IKIP PGRI Pontianak: Skripsi Tidak di Terbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.