ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SELUAS KABUPATEN BENGKAYANG

Authors

  • Susana Susana IKIP PGRI PONTIANAK
  • Ismaya Sukma SMP Negeri 1 Seluas
  • Handi Darmawan IKIP PGRI PONTIANAK
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Kesalahan Siswa, Aritmatika Sosial, Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang, (2) Mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan media gambar berbasis Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal arimatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif analistik. Subjek penelitian berjumlah 4 orang siswa dari 31 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada empat tipe kesalahan yang dapat terjadi pada siswa saat menyelesaikan soal cerita matematika, diantaranya melakukan kesalahan dalam memahami masalah (comprehension errors), kesalahan dalam transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (endcoding errors).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ismaya Sukma, SMP Negeri 1 Seluas

Pendidikan Matematika

Handi Darmawan, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

Yadi Ardiawan, IKIP PGRI PONTIANAK

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Amini, Sri dan Tri Nova Hasti Yunianta. (2018). Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffolding-Nya Bagi Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 1.

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia. 11 (1): 1-8. Tersedia di eprints.uns.ac.id [diakses 17- 7-2020].

Dalyono. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Irham, Muhamad & Wiyani, Ardi N. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Krismanto, Al dan Rochmitawati. (2009). Modul Matematika SMP Program Bermutu: Kapita Selekta Pembelajaran Aljabar Di Kelas VII SMP. Sleman: PPPPTK Matematika.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Ronda karya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-01-05

How to Cite

Susana, S., Sukma, I., Darmawan, H., & Ardiawan, Y. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SELUAS KABUPATEN BENGKAYANG. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(2), 119–128. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/168

Issue

Section

Articles