ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SELUAS KABUPATEN BENGKAYANG

Susana Susana, Ismaya Sukma, Handi Darmawan, Yadi Ardiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang, (2) Mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan media gambar berbasis Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal arimatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif analistik. Subjek penelitian berjumlah 4 orang siswa dari 31 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada empat tipe kesalahan yang dapat terjadi pada siswa saat menyelesaikan soal cerita matematika, diantaranya melakukan kesalahan dalam memahami masalah (comprehension errors), kesalahan dalam transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (endcoding errors).


Keywords


Kesalahan Siswa, Aritmatika Sosial, Analisis

Full Text:

PDF

References


Amini, Sri dan Tri Nova Hasti Yunianta. (2018). Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffolding-Nya Bagi Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 1.

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia. 11 (1): 1-8. Tersedia di eprints.uns.ac.id [diakses 17- 7-2020].

Dalyono. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Irham, Muhamad & Wiyani, Ardi N. (2014). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Krismanto, Al dan Rochmitawati. (2009). Modul Matematika SMP Program Bermutu: Kapita Selekta Pembelajaran Aljabar Di Kelas VII SMP. Sleman: PPPPTK Matematika.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Ronda karya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.