PENGEMBANGAN KARTU METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI HIMPUNAN

Farida Farida, Syarifah Fadillah, Dwi Oktaviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kartu metakognisi yang valid, praktis, dan efektif pada materi himpunan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa  kelas VII MTs Darunna’im Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa angket dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor rata-rata kevalidan dari hasil  validasi kartu metakognisi sebesar 84 % dengan kriteria sangat valid, skor rata-rata kepraktisan dari hasil angket respon guru dan siswa sebesar 83, 27 % dengan kriteria sangat praktis dan skor keefektifan dari hasil pengerjaan soal oleh siswa yang dihitung dengan rumus skor rata-rata dan dipresentasekan dengan keseluruhan nilai siswa sebesar 73, 33 % dengan kriteria efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan pengembangan kartu metakognisi tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs Darunna’im Pontianak.

 


Keywords


Kartu Metakognisi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Budiono dan Wardono. (2014). PBM Berorientasi PISA berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes journal of Mathematics Education, 3 (3), 211-219.

Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa Dalam Pemecahkan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublis.

Fitriani, ¬ A. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Metakogntif dan Pendekatan Saintifik pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di Kelas X SMA. Skripsi Universitas Jambi: tidak diterbitkan.

Hutauruk, A.J.B. (2016). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matemtika (SNMPM) 2016 “strategi mengembangkan kualitas pembelajaran matematika berbasis riset” prodi pendidikan matematika FKIP Unswagat, 176 – 190.

Murni, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif Berbasis Softskills. Jurnal Pendidikan,4(2), 96 – 107.

Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif. Disertasi UPI: tidak diterbitkan.

Oktaviana, D. dan Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186-191.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sari, E. (2017). Pengembangan LKPD Dalam Pembelajaran Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis . Jurnal pendidikan matematika unila, 5 (1).

Sari, B.K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Seminar Nasional Pendidikan “Desain Pembelajaran Di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan”FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 87 – 102.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Widodo, S.A., & Sujadi. A. A. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Trigonometri. Jurnal Sosiohumaniora , 1 (1), 51 - 63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.