PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN HOTS PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII MTs

Authors

  • Syarifah Ernawati IKIP PGRI Pontianak
  • Reni Astuti IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) bermuatan HOTS pada materi bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian RND (research and development) atau pengembangan dimana dalam prosedur penelitian menggunakan model rancangan 4D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) disseminate (penyebaran), namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahapan develop (pengembangan)  dikarenakan keterbatas waktu, tenaga, biaya dan subjek penelitian menggunakan satu sekolah, satu kelas dan proses pembelajarannya masih daring. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII MTs Mujahidin yang berjumlah 15 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan lembar validasi ahli materi, angket respon siswa dan angket respon guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi LKS berbasis model Problem Based Learning (PBL) muatan HOTS mencapai kriteria Valid dengan rata-rata persentase sebesar 80,03%  Respon siswa dan Guru terhadap LKS berbasis model Problem Based Learning (PBL) bermuatan HOTS ini sangat praktis dengan rata-rata persentase 87,53% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model Problem Based Learning (PBL) bermuatan HOTS yang dikembangkan dapat digunakan untuk media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syarifah Ernawati, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Amir, M.T., (2016). Inofasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Anisah, (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inofatif, 9(2): 191-197.

Agustarina, M. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Soal HOTS Untuk Pembelajaran Materi SPLDV di SMP Universitas Sriwijaya: Tidak Diterbitkan

As’ari, A.R., dkk (2019). Mengembangkan HOTS (High Order Thinking Skills) Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dwi, D.F., dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1): 174-178.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matemaatika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1): 34-44.

Fitrah, M. (2017). Kajian Perspektif Kebermaknaan Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika; Berdasarkan Review Of Some Recent Research Results. Jurnal Sainsmart, 6(1): 46-58.

Gunantara, G.D., (2014) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1): 1-10.

Guna, F.A., (2016). Pengembangan LKS Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Sub Tema Manusia dan Lingkungan Mengacu Kurikulum SD 2013 Untuk Siswa Kelas Lima (V) Sekolah Dasar yogyakarta: Tidak Diterbitkan

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076-1085.

Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2020). Development of Test Instruments Based on Revision of Bloom’s Taxonomy to Measure the Students’ Higher Order Thinking Skills. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(1), 21.

Rochmad, (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pemebelajaran Matematika. Jurnal KREANO, 3 (1): 59-72.

Sirait, E.D., (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1): 35-43.

Suryapuspitarini, B.K, dkk. (2018). Analisis Soal-soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Kurikulum 2013 Untuk Mendukung Kemampuan Literasi. Jurnal PRISMA, (1): 876 - 884.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sani. (2019). Pembelajaran HOTS (High Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart Printing.

Yulia, S., dkk. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 61-70.

Downloads

Published

2021-09-08

How to Cite

Ernawati, S., Astuti, R., & Susiaty, U. D. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN HOTS PADA MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII MTs. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(1), 211–223. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/161

Issue

Section

Articles