ANALISIS KEMA MPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL

Authors

  • Uray Rahman Kesuma Wijaya IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

analisis, kemampuan berpikir kritis matematis, pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di kelas X SMA Muhammadiyah Sambas. Adapun secara khusus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaian soal pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel pada setiap aspek yaitu aspek interprestasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan menyimpulkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sambas yaitu dua siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal kemampuan berpikir kritis matematis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel di kelas X SMA Muhammadiyah Sambas tergolong sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika untuk pokok bahasan Vektor siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia. 10(1): 1-11.

Feridia, E. Y., & Suratman, D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Aspek Explanation Dalam Penyelesaian Masalah Perbandingan di SMP. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan. 6(8): 1-10

Hendriana, H., Rohaeti, E E,. & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5): 175-179.

Munte, D. I., Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di SMP. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan Pontianak: tidak diterbitkan.

Nurapipah, S., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Jurnal Sesiomadika 2(3): 742-748.

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Smk Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2): 821-831.

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1): 84-93.

Rachmanto, A. (2019). Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pola Bilangan Berdasarkan Kerangka Kerja Norris dan Ennis. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Tarbiyah: tidak diterbitkan.

Rahimah, N. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan 14(1): 59-68.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Wijaya, U. R. K. (2021). ANALISIS KEMA MPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(1), 241–251. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/158

Issue

Section

Articles