ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA

Authors

  • Berta Klara
  • Iwit Prihatin
  • Rahman Haryadi

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Belajar, Operasi Hitung Bentuk Aljabar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan representasi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran, komunikasi tak langsung, dan komunikasi langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa secara keseluruhan tergolong sedang dengan persentase sebesar 78,24%. Kemampuan representasi matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar untuk siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan rata-rata persentase sebesar 74,6% terkategori sedang. Kemampuan representasi matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar untuk siswa yang memiliki gaya belajar auditori dengan rata-rata persentase sebesar 81,95% terkategori tinggi. Kemampuan representasi matematis siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar untuk siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan rata-rata persentase sebesar 77,78% terkategori sedang. Dari tes kemampuan representasi matematis didapat bahwa siswa mampu menyelesaikan soal tes kemampuan representasi visual lebih baik dari soal simbolik dan verbal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristiyo, S. (2014). “Pembelajaran Matematika Model Ikrar Berpendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis”. Unnes Journal of Mathematics Education Reseach, 3(2), 111.

Danim, S. (2011). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

DePorter & Hernack. (2009). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung:Kaifa.

Fadillah, S. (2011). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematika Siswa SMP Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 100-107.

Hamzah, A. (2014). Evalusi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasrul. (2009). Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal MEDTEK, 1 (2).

Hutagaol, K. (2013). “Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 91-92.

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1 (2), 33-34.

Downloads

Published

2022-04-05

How to Cite

Klara, B., Prihatin, I., & Haryadi, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(2), 303–313. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/143

Issue

Section

Articles