ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS VII SMPIT AL-MUMTAZ PONTIANAK

Authors

  • Khairun Nisa
  • Muhamad Firdaus
  • Dwi Oktaviana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah pada materi operasi hitung pecahan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPIT AL-MUMTAZ Pontianak pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 28 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu dokumentasi berupa hasil jawaban angket motivasi belajar yang berjumlah 18 soal dan jawaban tes kemampuan representasi matematis yang berjumlah 6 soal, observasi terhadap lembar jawaban siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis pada siswa bermotivasi tinggi sangat memenuhi dengan baik pada tiap indikator, kemudian kemampuan representasi matematis pada siswa bermotivasi sedang mampu memahami soal dengan baik walaupun tidak memenuhi satu indikator, dan kemampuan representasi matematis pada siswa bermotivasi rendah mampu mengerjakan soal dengan baik walaupun tidak memenuhi beberapa indikator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darma, Y., & Firdaus, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Aliyah Melalui Strategi Heuristik. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(1), 95-102.

Farhan, M. (2014). Keefektifan PBL Dan IBL Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 2, hlm. 239-230.

Hidayah, Y. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMK Yudha Karya Magelang. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.10, No.2, hlm. 35-36.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1 (2), 33-44.

Imtiyas, N. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Motivasi dan Waktu Kelas X MAS Pontianak. Skripsi (tidak diterbitkan).

Iriyanti. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa dalam Materi Operasi Hitung Pecahan kelas VII SMP Negeri 6 Kubu. Skripsi (tidak diterbitkan).

Irwandi. (2012). Kemampuan Representasi Matematis. Yogyakarta.

KBBI. (2002). Analisis Kinerja. Jakarta : Balai Pustaka.

Saebeni. (2008). Metode Penelitian. Bandung : Pustaka Setia.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya .

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Nisa, K., Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELAS VII SMPIT AL-MUMTAZ PONTIANAK. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 2(1), 71–80. Retrieved from https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/110

Issue

Section

Articles