ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DI KELAS X SMA KRISTEN ABDI WACANA PONTIANAK

Authors

  • Ari Sabat Yunipar IKIP-PGRI Pontianak
  • Dwi Fajar Saputri
  • Lia Angraeni

Keywords:

Kata Kunci, Analisis Kesalahan, Menyelesaikan soal, Momentum

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak dalam menyelesaikan soal pada materi momentum. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan  kesalahan siswa yang terdiri atas kesalahan konsep dan kesalahan sistematis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah, 14 siswa. Alat pengumpul data berupa soal tes essai yang terdiri atas 5 soal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) Jumlah kesalahan konsep yang dilakukan oleh sebesar 66,67%, dan jumlah kesalahan sistematis yang dilakukan oleh siswa sebesar 39,75%. Dari persentase kedua kesalahan yang diteliti tersebut paka dapat dismpulkan bahwa klasifikasi persentase kesalahan konsep siswa tergolong “sangat tinggi”, sedangkan kesalahan sistematis siswa tergolong “tinggi. 2) Banyaknya kesalahan disetiap indikator soal menunjukkan bahwa indikator soal nomor 2 dengan persentase kesalahan tertinggi yaitu 53,57%, diikuti kesalahan pada indikator pada soal nomor 3 yaitu dengan persentase 53,06%, dilanjutkan indikator soal nomor 5 dengan persentase kesalahan sebesar 52,86%, kemudian diikuti kesalahan pada indikator soal nomor 4 dengan persentase kesalahan sebesar 49,11%, dan yang paling rendah kesalahan pada indikator soal nomor 1 dengan persentase 42,86%. Meskipun demikian ke-lima indikator soal memiliki klasifikasi kesalahan dalam kategori “tinggi”.

 

 


Downloads

Published

2019-09-19

Issue

Section

Articles