REMEDIASI KESALAHAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK PADA MATERI CAHAYA DI KELAS XI SMPN 24 PONTIANAK

Authors

  • juhai ria wati IKIP PGRI Pontianak
  • Dwi Fajar Saputri IKIP PGRI Pontianak
  • Nurhayati Nurhayati

Keywords:

Model Pembelajaran Novick, Cahaya, Kesalahan Siswa, Remediasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah remediasi menggunakan model pembelajaran Novick efektif untuk menurunkan kesalahan siswa pada materi cahaya di kelas IX SMPN 24 Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental Desain dengan rancangan penelitian One-Grup Pretest-Posstest Design. Berdasarkan analisis data, diperoleh untuk besar proporsi penurunan kesalahan tiap indikator paling tinggi  yaitu sebesar 100%, untuk besar proporsi penurunan kesalahan tiap siswa yang paling tinggi yaitu sebesar sebesar 100%, untuk besar proporsi penurunan kesalahan siswa tiap jenis kesalahan pada kesalahan tidak mengerjakan soal sebesar 98,2%, dengan besar efektivitas sebesar 0,92 dengan kategori efektivitas tergolong tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa remediasi menggunakan model Novick efektif untuk menurunkan kesalahan siswa pada materi cahaya di kelas IX SMPN 24 Pontianak.

References

Hastuti, Isnani.(2012). Analisiskesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Kalor Pada Siswa Kelas X SMA. Diperoleh 10 November 2018, dari http://eprints.uns.ac.id/1386/1/1872-4207-1-SM.pdf.

Kresnadi Dan Kartono. (2007). Pengembangan Pembelajaran Ipa. Jakarta: Pjj S1 Pgsd

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Downloads

Published

2019-09-19

Issue

Section

Articles