PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK MENGGUNAKAN MEDIA RIIL DAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA KELAS X SMAN 1 KEMBAYAN

Authors

  • Cahyono Hadi Nugroho IKIP PGRI Pontianak
  • Handy Darmawan
  • Matsun Matsun

Keywords:

Model Novick, Media Riil, Media Simulasi Virtual, Minat Belajar Siswa, Gerak Harmonis Sederhana

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (a) hasil belajar siswa setelah diterapkan model Novick menggunakan media riil dan media simulasi virtual, (b) profil minat belajar siswa pada kategori tinggi, sedang dan rendah, (c) pengaruh minat belajar siswa pada kategori tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar, (d) pengaruh model pembelajaran novick menggunakan media riil dan simulasi virtual ditinjau dari minat belajar siswa, (e) interaksi antara model pembelajaran novick menggunakan media riil dan simulasi virtual ditinjau dari minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian factorial design dan rancangan penelitian yaitu desain faktorial . Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas X SMAN 1 Kembayan tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMAN 1 kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar yang berbentuk soal essay dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa setelah diterapkan model novick menggunakan media riil dengan rata-rata 65,00 dan media simulasi virtual dengan rata-rata 69,00, 2) Profil minat belajar siswa kelas eksperimen 1 sebanyak 10 siswa dengan kategori tinggi, 15 siswa dengan kategori sedang dan 11 siswa dengan kategori rendah. Sedangkan profil minat belajar siswa pada kelas eksperimen 2 sebanyak 11 siswa dengan kategori tinggi, 13 siswa dengan kategori sedang dan 10 siswa dengan kategori rendah, 3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan dengan sel tak sama untuk minat belajar siswa terhadap hasil belajar diperoleh nilai signifikasinya 0,008 kurang dari  (P-Value  < ) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, 4) Hasil uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan dengan sel tak sama untuk model novick menggunakan media Riil dan Simulasi Virtual terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikasinya 0,062 lebih dari  (P-Value  > ) sehingga H0 diterima dan Ha ditolak, 5) hasil uji hipotesis menggunakan uji lanjut anova untuk interaksi model novick menggunakan media Riil dan Simulasi Virtual ditinjau dari minat belajar siswa terhadap hasil belajar diperoleh nilai signifikasinya 0,047 kurang dari 0,05 (P-Value  < ).

Kata Kunci: Model Novick, Media Riil, Media Simulasi Virtual, Minat Belajar Siswa, Gerak Harmonis Sederhana.  

Author Biography

Cahyono Hadi Nugroho, IKIP PGRI Pontianak

Mahasiswa, Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak

Downloads

Published

2019-09-19

Issue

Section

Articles