REMEDIASI KESALAHAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK PADA MATERI BUNYI DI KELAS IX SMPN 24 PONTIANAK

Authors

  • Andi Gita
  • Ira Nofita Sari

Keywords:

Remediasi, Kesalahan Siswa, Model Pembelajaran Novick, Bunyi

Abstract

Penelitian remediasi kesalahan siswa menggunakan model pembelajaran Novick bertujuan untuk mengetahui apakah remediasi menggunakan model pembelajaran Novick efektif untuk menurunkan kesalahan siswa pada materi bunyi di kelas IX D SMPN 24 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan bentuk penelitian berupa Eksperimental Desain yang melibatkan 21 orang siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data diambil menggunakan tesesai yang diberikan kepada siswa yang terdiri dari pretest dan postest. Hasil peneitian menunjukan bahwa remediasi menggunakan model pembelajaran Novick efektif untuk menurunkan kesalahan siswa. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang mengalami penurunan proporsi tiap indikator terbesar yaitu 100%, sedangkan proporsi penurunan kesalahan tiap siswa yangmengalami penurunan paling besar adalah 95,83%, dan proporsi penurunan kesalahan tiap jenis kesalahanterbesaradalah  96,95%, dengan efektivitas sebesar 0,81 serta kategori efektivitas tergolong tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah remediasi yang dilakukan pada materi bunyi menggunakan model pembelajaran Novick efektif untuk menurunkan kesalahan siswa.

References

Andriani, Rara. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Aktivitas Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus 1 Kecamatan Buleleng. Tersedia: http://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpgsd/Article/View/3748.

Hastuti, Isnani. (2012). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Kalor pada Siswa Kelas X SMA. Diperoleh 10 November 2018, dari http://eprints.uns.ac.id/1386/1/1872-4207-1-SM.pdf.

Indriani, Tomo, Hamdani. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Novick Berbantuan Conceptual Change Text Untuk Meremediasi Miskonsepsi Pada Materi Energi.

Kresnadi dan Kartono. (2017). Pengembangan Pembelajaran IPA Sd. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Marlina, Rina. (2014). Penagruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Kemampuan Pemahan Konsep Relasi Dan Fungsi Pada Siswa SMP. Skripsi. Jakarta: Uin

Naipawati. (2014). Remediasi Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Pada Materi Ukum Newton Kelas X IPA SMA Negri 1 Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu. Ikip-pgri pontianak (Skripsi tidak diterbitkan).

Nawawi, Ismail. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Cv Dwiputra Pustaka Jaya.

Riduwan. (2015). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Jakarta: Erlangga

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Developmen. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-19

Issue

Section

Articles