PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMAN 1 NANGA TAMAN

Authors

  • Suriyani Suriyani Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak
  • Ivan Eldes Dafrita IKIP PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak

Keywords:

PBL, mind map, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, klasifikasi makhluk hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media mind map terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X di SMAN 1 Nanga Taman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas X MIA SMAN 1 Nanga Taman dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan 2 sampel kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X di SMAN 1 Nanga Taman, 2) pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media mind map pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 2,72 tergolong tinggi dan kreativitas siswa kelas X di SMAN 1 Nanga Taman sebesar 1,65 tergolong tinggi.

Author Biographies

Suriyani Suriyani, Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

Ivan Eldes Dafrita, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi

Ira Nofita Sari, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Fisika

References

Bukit, N., & Sirait, M. (2019) The Effect Of Problem Based Learning Model Using Mind Map On Critical Thinking Ability And Problem Solving Skill On High School Students. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 57-67.

Dinantika, H. K., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73-80.

Evayanti, A. M., Dwitha & Sumantri, M. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas III A. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (1), 42-50.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Insani, A., Ramlawati & Sitti, R. Y. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6 (1), 1-14.

Munawaroh, N. (2022). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas Vii Di Smp 01 Islam Jember (Doctoral Dissertation, Uin Kh Achmad Siddiq Jember).

Nawawi, N., E. Trisianawati, and A. Karim. 2021. “Biology Blog: Project-Based Learning in Pandemic Periode to Encourage Students’ Creativity.” Thabiea: Journal of Natural Science Teaching 4(1):111–20. doi: http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v4i1.8866.

Nur, S., Indah P. P., & Sri, R. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2( 2), 133-141.

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22-26.

Sholahudin, M. S., Putra, D. A., & Setiawan, F. (2021). Meta Analisis Menggunakan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 47-58.

Slameto. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Gambar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (2),2-5.

Sumarta, I. G. B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa SMK. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 68-77.

Susantri, N. T., Hindriana, A. F., & Satianugraha, H. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Dipadu Mind Map Terhadap Kreativitas Dalam Memecahan Masalah Pada Konsep Pencemaran Lingkungan: Array. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 1-8.

Wulandari, Bekti & Herman D S. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 178.

Published

2023-09-14

Issue

Section

Articles